Miliki Buku Standar Mutu Sekolah Islam Terpadu

Buku STANDAR MUTU SEKOLAH ISLAM TERPADU adalah hasil karya Tim penyusun dan pengurus JSIT Indonesia, yang menjadi panduan utama Sekolah Islam Terpadu diseluruh Indonesia. Salah satu tokoh yang menyusun buku ini adalah Drs. Sukro Muhab, M.Si yang saat ini beliau masih menjabat sebagai ketua umum JSIT Indonesia. Mengapa buku ini penting dan wajib dimiliki oleh Sekolah Islam Terpadu di Indonesia baik mulai dari tingkat TK ( IT )  sampai SLTA ( IT ) , karena didalamnya terdapat 11 standar penting yang harus dimiliki oleh Sekolah Islam Terpadu di Indonesia yaitu :

  1. STANDAR KONSEP SEKOLAH ISLAM TERPADU
  2. STANDAR KOMPETENSI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
  3. STANDAR SARANA PRASARANA DAN PENGELOLAAN PUSAT SUMBER BELAJAR
  4. STANDAR PENGELOLAAN
  5. STANDAR PEMBIAYAAN
  6. STANDAR KURIKULUM SEKOLAH ISLAM TERPADU
  7. STANDAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
  8. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
  9. STANDAR PROSES
  10. STANDAR PEMBINAAN SISWA
  11. STANDAR PENILIAN

Buku yang memiliki halaman sampai 691 ini, disusun oleh para praktisi pendidikan dan tenaga ahli dibidang pendidikan, yang memiliki visi nasional yaitu “ Menjadi pusat penggerak dan pemberdaya Sekolah Islam Terpadu di Indonesia menuju sekolah efektif dan bermutu.”

Buku yang diterbitkan pada tanggal 16 Desember 2010 juga mendapat apresiasi dan perhatian khusus oleh tokoh nasional yang memberikan pengantar pada buku ini yaitu Dr. Hidayat Nur Wahid, M.A. Maka dari itu wajib bagi sekolah Islam Terpadu di Indonesia untuk bernaung di bawahnya. Karena JSIT Indonesia juga akan memberikan AKREDITASI kepada sekolah yang berada di bawah naungannya.

Buku yang memiliki jargon “ Sekolah Islam Menuju Berbasis Karakter “ ini diharapkan menjadi rujukan pertama Sekolah Islam Terpadu di Indonesia, agar dapat menciptakan generasi – generasi islam yang dibinanya menuju Sekolah Islam Berbasis Karakter.

Maka dari itu sekolah–sekolah islam terpadu yang lahir pada periode – periode pertama maupun periode selanjutnya  harus terhimpun dan bergabung dengan JSIT Nasional. Adapun jaringan struktur yang ada sekarang adalah : JSIT Nasional, JSIT Wilayah ( Propinsi ), dan JSIT Kota dan Kabupaten. Sudahkah sekolah anda tergabung dengan JSIT sesuai dengan wilayah anda? Kalau belum segeralah bergabung dengan JSIT di daerah terdekat anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*