Tim Relawan JSIT Salurkan Bantuan Kemanusiaan ke Bangladesh

DAKHA, BANGLADESH – Tim Relawan Kemanusiaan JSIT Indonesia baru saja menyelesaikan misinya menyalurkan bantuan untuk pengungsi di Cox’s Bazar, Bangladesh. Sahroni (Ketua Departemen Sosial Kemanusian) dan Yuli Sugiarto (Ketua JSIT Wilayah Jawa Timur) dipercaya mengemban amanah ini. Kegiatan kemanusiaan ini berlangsung 7-12 Maret 2018. berikut laporan perjalanan misi  relawan kemanusiaan JSIT Indonesia:

 

Pada tanggal 7 Maret 2018, Tim Kemanusiaan JSIT Indonesia berangkat menuju Dakha Bangladesh. Perjalanan menggunakan pesawat dengan transit di Kuala Lumpur. Tepat pukul 01.00 waktu setempat, tim tiba di ibu kota Bangladesh, Dakha. Setelah menginap satu malam di Dakha, pagi harinya perjalanan dilanjutkan ke Cox’s Bazar dengan menggunakan pesawat. Perjalanan membutuhkan waktu 60 menit.

Setibanya di Cox’ Bazar, Tim melakukan kordinasi dengan Tim PKPU yang sudah lebih dulu tiba di lokasi. Dari hasil kordinasi disepakati beberapa agenda, yakni:

Hari Pertama, Jumat, 9 Maret 2018, Tim mengunjungi camp pengungsian di Ghomdom. Di sini Tim menyalurkan bantuan berupa nutrisi untuk balita dan tikar sebanyak 150 paket. Lokasi Camp ini sekitar 42 km atau satu jam perjalanan.

Heri Kedua, Sabtu, 10 Maret 2018, Tim mengunjungi camp pengungsian di Jamtoli Refugees Camp. Di sini tim meresmikan Temporary School untuk anak-anak yg ada di Camp tersebut. Membagikan paket peralatan sekolah berupa tas, buku dan alat tulis sebanyak 200 paket.

Hari Ketiga, Ahad, 11 Maret 2018, Tim mengunjungi camp Balukhali 2 Refugees Camp. Di sini tim mebagikan solar panel dan kelengkapannya berupa lampu, kabel dan power penyimpan listrik.

Dengan demikian, seluruh rangkaian misi sudah dilaksanakan sebagai tahap 1 penyaluran dana Rohingya yang telah dikumpulkan selama ini. Malam hari ini, tim sudah bertolak ke Jakarta dengan transit di Dakha dan Kuala Lumpur. Diperkirakan akan tiba di Jakarta pada Senin, 12 Maret 2018.

Dakha, 11 Maret 2018, pkl 7.35 waktu Dakha.
-Sahroni (Dept Sosial Kemanusiaan JSIT Indonesia)
-Yuli Sugiarto (Ketua JSIT Indoensia Wilayah Jawa Timur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*