SMAIT Insan Cita Serang Goes to Jakarta

JAKARTA – Untuk meningkatkan pemahaman sejarah dan menambah wawasan literasi, santri Kelas 10 SMAIT Insan Cita Serang melakukan Outing Class ke Jakarta pada hari Rabu (19/09/2019) kemaren. Tema yang diangkat dalam outing kali ini adalah “Melalui kegiatan outing class, kita bangun generasi muda yang cerdas, berwawasan luas, dan memiliki rasa cinta tanah air”. Ada beberapa tempat yang dikunjungi oleh santri SMAIT ICS ini, antara lain Monas, Museum Nasional dan Perpustakaan Nasional.

 

Para santri ICS berangkat ke Jakarta sekitar pukul 05.00 WIB setelah kegiatan di masjid selesai. Dari ICS langsung menuju ke Monumen Nasional (Monas) setelah terlebih dahulu sarapan pagi. Aura semangat santri sangat terlihat ketika sudah mulai memasuki area Monas. Tugu monas yang tingginya 132 m, sudah tampak dari kejauhan. Terutama puncak monas yang berlapis emas 50 kg, memancarkan kilaunya disapu mentari pagi.

 

Foto Bersama Gubernur DKI Jakarta
Kedatangan santri SMAIT ICS ini bertepatan dengan upacara peringatan ke-73 Hari Rapat Raksasa Ikada yang dipimpin oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Rapat Raksasa Ikada adalah rapat raksasa yang terjadi saat Soekarno memberikan pidato berapi – api yang sangat singkat dalam rangka memperingati 1 bulan proklamasi di Lapangan Atletik Djakarta (Ikada).

Suasana halaman monas sangat ramai karena upacara dihadiri oleh Pegawai Negeri Sipil, para veteran kemerdekaan dan jajaran TNI. Namun demikian tidak menyurutkan langkah para santri untuk menikmati suasana Monas. Yang sangat mengejutkan, di sela-sela kegiatan upacara ini, para santri SMAIT ICS dengan gagah berani merangsek menyapa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Alhamdulillah sambutan dan perbincangan hangat-pun terjadi. Diakhir perbincangan disempatkan untuk mengambil foto bersama Mantan Menteri Pendidikan RI ini sebagai kenangan.

PUNCAK MONAS
Seluruh santri ICS bersekempatan untuk naik ke puncak Monas dengan menggunakan lift. Setelah sampai puncak, semua bilang “wow”. Betapa tidak sebagian santri biasanya hanya melihat indahnya monas melalui layar kaca atau halamannya saja. Tapi kini bisa menikmati di dalamnya hingga ke puncak. Yang lebih menakjubkan lagi adalah dapat memandangi Jakarta hingga jauh dengan bantuan teropong. Tapi sayang, keindahan jadi sedikit terhalangi oleh adanya gedung-gedung pencakar langit di sekitar Monas.

Setelah puas di Monas, kunjungan dilanjutkan menuju Museum Nasional dan Perpustakaan Nasional. Setelah selesai berkeliling para santri lanjut pulang ke Serang dan Tiba di ICS sekitar pukul 22.12 Wib. Wali Kelas X SMAIT ICS yang mendampingi santri dalam kegiatan tersebut, Ustadzah Barkah, S.Hum, mengatakan bahwa dengan kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan kebangsaan, literasi dan sejarah santri-santri ICS.

Outing Class ICS goes to Jakarta kali ini harapannya bisa memberikan suasana baru bagi pendidik dan santri SMAIT ICS sehingga mampu membangkitkan motivasi untuk meningkatkan belajar mereka. Serta menambah minat baca, pengetahuan sejarah dan cinta tanah air khususnya santri ICS” jelasnya. Semoga santri ICS tumbuh menjadi generasi yang cerdas, berwawasan dan cinta tanah air. (Hbb/fby)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*