JSIT Jateng Gelar Puncak Peringatan Hari Guru

Semarang-Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia Wilayah Jawa Tengah menggelar Puncak Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019, Sabut-Minggu (16-17/11) di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah. Berbagai kegiatan meramaikan kegiatan ini diantaranya Seminar Nasional, Lomba Kepala Sekolah dan Guru, Success story pengelolaan sekolah, dan city tour.

Dr. Hari Wulyanto, S.Pd., M.Si. yang mewakil Wakil Gubernur Jawa Tengah mengatakan untuk menghadapi era revolusi Industri 4.0, guru harus menguasai literasi dasar agar mampu menghadirkan pembelajaran yang bervariatif. Guru harus mampu melakukan pembelajaran autentik yang inovatif agar peserta didik terlatih dalam semua kemampuannya sehingga mampu menghadapi perubahan zaman.

โ€œDi Era Revolusi Industri 4.0 ini guru harus menguasai literasi informasi dan media. Selain itu guru juga harus terus belajar berpikir kreatif dan inovatif. Keberadaan guru tidak bisa tergantikan tapi guru harus mengikuti perkembangan zaman yang ada,โ€ kata Dr. Hari Wulyanto, S.Pd., M.Si. Kabid Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.

Sigit Cahyantoro, Ketua JSIT Indonesia Wilayah Jawa Tengah mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh seluruh Kepala Sekolah Islam Terpadu (SIT) se-Jawa Tengah mulai jenjang PAUD sampai SMA/SMK dan guru yang mengikuti lomba. Data peserta yang masuk menurut panitia ada 450 peserta yang mendaftar via online.

โ€œEvent peringatan Hari Guru Nasional merupakan program rutin tahunan dari JSIT Jawa Tengah. Alhamdulillah peserta yang hadir maksimal, seluruh kursi yang ditempati terisi oleh peserta,โ€ kata Sigit Cahyantoro.

Kegiatan ini juga diramaikan dengan lomba best practice kepala sekolah, lomba mocopat, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Inovasi Pembelajaran (Inobel), Pembelajaran berbasis IT, berkisah nabi, dan simulasi pembelajaran terpadu.

Hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Umum JSIT Indonesia, Suhartono, M.Pd., Kepala Cabdin Wilayah 1 Disdikbud Jateng, Dra. Hermawati, MT, Kasi Kurikulum Kanwil Kemenag Jateng, Jauhari, Kasi Kurikulum LPMP, Yuli, dan Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Semarang, Hari Waluyo, M.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*