Tujuh Cara Mengatasi Kecemasan Berlebih tentang Covid-19

Sudah beberapa hari belakangan ini saya membuka layanan konseling psikososial terkait penyebaran Covid-19. Selama ikut sesi konseling ini, saya menemukan pola bahwa banyak yang memiliki masalah sama, yakni kecemasan berlebih.

Sebenarnya, cemas yang dialami sangat manusiawi karena memang di awal terjadi pendemi ini, kita belum banyak tahu tentang apa dan bagaimana si Covid 19 ini beraksi. Tapi kalau dibiarkan, kecemasan yang terjadi akan sangat mengganggu bahkan bisa menurunkan imunitas tubuh loh.

Sepanjang pengalaman saya bergelut dengan dunia psikososial, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi kecemasan ini:

1. Cari tahu dan pahami apa Covid-19 ini
Semakin mengenal virus ini, kita akan semakin paham bagaimana cara mengatasinya. Pengetahuan yang lengkap akan menuntun kita untuk dapat bersikap waspada tanpa dihinggapi rasa cemas. Di banyak website sudah ada pengetahuan dan tips menghadapi covid ini. Silakan dibaca-baca ya.

2. Positif Thinking

Kamu sudah tahu kan, kalau 90% penyakit berawal dari pikiran. Kita boleh takut namun jangan sampai ketakutan ini menguasai kita. Jadikan ketakutan ini bahan untuk kita lebih hati-hati dan waspada.

Selain itu, mengkonsumsi informasi positif juga akan membantu kita berpikir positif. So, mari segera banjiri ruang informasi yang kita miliki dengan berbagai kabar positif, misalnya riset tentang vaksin untuk Covid-19, kisah-kisah mengharukan para penyintas yang berhasil sembuh, kisah perjuangan para dokter dan tenaga medis yang inspiratif.

3. Makan yang bernutrisi dan olahraga

Sedang #dirumahaja? Itu bukan berarti kamu tidak bisa berolahraga. Sempatkan 10 menit saat pagi untuk berjemur sambal olahraga ringan. Nah kabar baiknya, sinar matahari dan makanan yang bernutrisi terbukti secara ilmiah meningkatkan imunitas tubuh. Artinya, tubuh kamu semakin kuat melawan virus ini.

4. Lakukan kegiatan yang bermanfaat

Membatasi aktifitas social bukan berarti kamu cuma tiduran di dalam kamar aja. Kamu bisa ikut kuliah online yang kini banyak dilakukan. Atau bisa juga menghabiskan waktu dengan membaca buku kesukaanmu. ikut kuliah online dan nonton film sesekali juga boleh banget dilakukan.

5. Taati imbauan #dirumahaja

Ikuti himbauan dari pemerintah untuk tetap berada di rumah. Karena sampai sekarang, cara ini masih cukup efektif menghambat penyebaran Covid-19.

Kalaupun ada keperluan penting yang tidak bisa ditinggal yang mengharuskan kamu keluar rumah, pastikan pakai masker, jaga jarak serta sering cuci tangan menggunakan sabun.

6. Hindari berita berita negatif, dan jangan pula share berita negatif

Sama sekali tidak ada manfaatnya kamu terus mengkonsumsi berita negative. Itu hanya akan memupuk kecemasan dan ketakutan terus menerus. Apalagi itu adalah hoaks yang berbahaya. Aduh, ayok sudahi baca dan share berita negatif. Janji ya!

7. Doa dan tawakkal

Ketika semua ikhtiar sudah kita lakukan, pada akhirnya kita juga harus meminta perlindungan kepada Allah SWT agar kita semua terhindar dari Covid-19, dan bangsa kita bisa segera keluar dari krisis ini. Aamiin.

 

oleh : Ruli Renata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*