Seru! Siswa SDIT Al-Husnayain Buat Terobosan Belajar dengan Podcast

Bekasi(12/08) — Kegiatan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan di masa pandemi, dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh guru-guru SDIT Al Husnayain untuk membuat berbagai terobosan program. Salah satu program terobosan yang diselenggarakan oleh SDIT Al Husnayain, yang sedang trend di kalangan netizen adalah podcast.

Podcast ini telah banyak digunakan oleh masyarakat untuk mendengarkan berita, ilmu pengetahuan, dan sharing ilmu pengetahuan yang bersifat dapat diputar diulang di media streaming.

โ€œ Kami bentuk kelompok siswa yang terdiri dari 3-4 orang. Kemudian mereka berbagi peran, ada yang menjadi narasumber dan menjadi pembawa acara,โ€ Jelas Baba Ali, guru SDIT Al Husnayain yang menjadi inisiator kegiatan ini.

Siswa yang telah dibagi kelompoknya, memulai diskusi tentang manfaat TIK dalam kehidupan. Diskusi dilakukan melalui video meeting menggunakan aplikasi msteam yang bisa langsung direkam dan dibagikan ke banyak orang.

Podcast yang belakangan ini menjadi tren dikalangan netizen, ternyata bisa dijadikan sebagai pengalaman belajar baru bagi para siswa di tengah kondisi pandemi. Menurut penjelasannya, siswa dilatih untuk bisa menuangkan ide dan gagasan dalam sebuah diskusi ringan khas anak-anak.

Jika dalam pertemuan tatap muka sebagian masih terlihat malu dan tidak percaya diri untuk berbicara, berbeda saat belajar dalam bentuk daring, keberanian mereka tiba-tiba muncul dan sangat piawai dalam menyampaikan pendapatnya.

Kegiatan Podcast yang diterapkan di SDIT Al Husnayain mendapat tanggapan positif dari orangtua siswa. Menurut Bunda Zio, TIK saat ini menjadi salah satu kunci penting keberhasilan kbm on line di semua jenjang Pendidikan .

Siswa, pendidik dan orang tua harus mampu meningkatkan ketrampilan teknis untuk dapat melakukan interaksi pembelajaran dengan memaksimalkan berbagai sarana dan aplikasi model pembelajaran yang baru, menarik dan inovatif. Metode pembelajaran yang menarik dan kreatif adalah dengan memanfaatkan podcast sebagai media belajar.

โ€œPodcast dapat menyajikan gaya pembelajaran yang lebih menyenangkan bagi siswa karena mereka dapat menerima materi pembelajaran secara audio visual dengan gaya kekinian. Diharapkan model pembelajaran dengan gaya podcast ini siswa akan merasa senang karena mendapatkan cara belajar baru yang mengasyikkan dan pada akhirnya target capaian pembelajaran akan diperoleh secara maksimal,โ€ Ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*