Wujudkan Sinergi Positif Orangtua dan Sekolah, SDIT Bina Amal Selenggarakan Co-Parenting 2021/2022

 

Semarang (21/07) — SDIT Bina Amal mengadakan Co-Parenting secara virtual dan serentak masing-masing paralel kelas terlaksana pada hari Sabtu, 17 Juli 2021 dengan dihadiri oleh ratusan orang tua siswa. Agenda sosialisasi program pembelajaran, persiapan PTM terbatas tersampaikan dengan baik, dan direspon positif oleh orang tua.

Pelaksana tugas Kepala SD IT Bina Amal, Oktora Rahmat Santoso dalamย  sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas pendampingan orang tua terhadap peserta didik di masa pandemi covid 19, serta dukungan yang luar biasa dari orang tua terhadap program-program yang dilakukan sekolah, mulai dari program akademik, pembelajaran Al Quran dan penguatan karakter.

Oktora berharap sinergi positif ini terus berlanjut, bersebab pendidikan adalah proyek bersama antara orang tua dan sekolah, satu sama lainnya saling menopang.

“Menumbuhkan segala potensi kebaikan peserta didik, kapanpun dimanapun, mengantarkan mereka menemukan versi terbaiknya sebagai manusia,” ungkapnya.

Penyelenggaraan pendidikan di masa pandemi covid-19, imbuhnya, memberikan tantangan tersendiri.

“Berpindahnya proses belajar dari sekolah ke rumah menghadirkan sejumlah tantangan mulai dari ketersediaan peralatan digital dan jaringan internet, kondisi psikososial peserta didik maupun guru, disparitas kompetensi guru hingga rendahnya keterlibatan orang tua/wali peserta didik dalam pembelajaran,” ungkap Oktora.

Perubahan pola pembelajaran yang begitu drastis, kata Oktora, berisiko menyebabkan penurunan kualitas pembelajaran. Padahal kualitas pembelajaran merupakan kunci dari hasil belajar peserta didik. Jika kualitas belajar menurun, hasil belajar peserta didik pun cenderung menurun (learning loss)

“Di masa pandemi covid-19, SD IT Bina Amal berupaya merancang program pembelajaran yang berkualitas, memberikan pengalaman belajar dengan tetap memperhatikan kondisi sosial emosi siswa,guru dan orang tua,” terangnya.

Keterlibatan orang tua, sebagai fasilitator utama, ungkapnya, menjadi faktor penentu keberhasilan program pembelajaran.

“Oleh karena itu, co-parenting SD IT Bina Amal Tahun Pelajaran 2021/2022 diselenggarakan. Co- Parenting menjadi sarana bagi sekolah dan orang tua menjalin silaturahim, mendapatkan informasi utuh mengenai penyelenggaraan pendidikan, apa yang akan dicapai dan bagaimana strategi pencapaiannya. Sekaligus membuka ruang diskusi, berbagi pengalaman, memberikan evaluasi serta saran membangun dari orang tua ke sekolah,” tutup Oktora.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*