MIT As Salam Ambon Gelar Haflah Al Qur’an Sebanyak 81 Peserta Didik

Ambon (11/08) — Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Assalam Ambon, menggelar Haflah Al Qur’an angkatan XIV dengan menelorkan sebanyak 81 peserta didik di tahun 2021.

Tradisi Haflah atau wisuda bagi penghafal 6 Juz Al Qur’an ini digelar dengan megusung tema   “Menjadi Generasi Milenial yang berkarakter Qur’ani,” berlangsung di Gedung Ashari, Alfatah, Ambon, Kamis (10/6/2021).

Kepala Kementrian Agama Kota Ambon Drs. H. Zain Firdaus Kaisupy, yang hadir pada kesempatan ini menyampaikan apresiasinya kepada MIT As Salam yang telah melaksanakan kelulusan Siswa Kelas 6 dengan Kegiatan Haflah Al Qur’an.

“Pembelajaran Tahfiz Qur’an sebagai salah satu kegiatan ekstrakulikuler di Madrasah menjadi bagian proses pembelajaran dalam rangka mencerdaskan anak bangsa yang beriman dan bertakwa,” ungkap  Zain Firdaus Kaisupy, sekaligus membuka acara Haflah Al Qur’an MITAs Salam Ambon Angkatan ke XIV.

Sementara itu, Direktur Yayasan As Salam Maluku Drs. H.Mokh. Fathoni,M.Pd, pada kesempatan kali ini juga memaparkan ide besar Yayasan As Salam Maluku untuk memajukan pendidikan di kota Ambon dengan membuka jenjang pendidikan lanjutan SMA As Salam Ambon pada tahun ini.

Ia mengatakan, rencananya  SMA As Salam  ini akan dibuka tahun ajaran 2021/2022 dengan sistem boarding school. Sekolah ini memiliki keunikan,  selain ciri khas Al Qur’an, juga skill bahasa dengan kurikulum intregrasi yang mengacu pada Kemendiknas dan Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT).

Acara ini juga diisi dengan penyampaian kesan dan pesan oleh istri Gubernur Maluku Widya Murad Ismail mewakili orang tua/wali.

Widya yang hadir menjadi salah satu orang tua murid peserta Haflah Al Qur’an MIT As Salam Ambon menyampaikan apresiasinya kepada anak – anak yang telah menyelesaikan hafalan Al Qur’an.

“Saya menyampaikan terima kasih atas didikan para ustadz dan ustadzah (dewan guru) yang telah mendidik anak- anak dengan penuh kesabaran. Saya ikut berharap Yayasan As Salam tetap berkomitmen menjadi lembaga pendidikan yang terbaik di Kota Ambon Manise ini,” tandasnya.

Selain Haflah Al Qur’an, kegiatan ini juga diisi dengan persembahan lagu dan pembacaan puisi oleh peserta didik dalam tiga  bahasa masing-masing, Bahasa Inggris, Arab dan Indonesia.

Acara ini juga diisi dengan penyerahan mahkota siswa kepada orang tua yang anaknya berhasil memperoleh prestasi terbaik pada Haflah Al Qur’an tahun ini.

Rangkaian kegiatan Haflah Al Qur’an tahun 2021 ini berlangsung dari pukul 07.30 WIT hingga 12.00 WIT dengan mematuhi standar protokol kesehatan Covid 19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*