SIT Usamah Gelar Festival Kisah Pahlawan Nusantara

 

Tegal (06/09) — Yayasan Ribathul Ukhuwah Kota Tegal membawahi beberapa unit pendidikan yaitu TPA & KBI Usamah, RA Usamah, KBI dan RA Usamah 2, SDIT Usamah dan Pondok Pesantren SMP IT Usamah.

Dalam moment peringatan HUT RI ke 76 dan Muharram 1443 H, YRU menggelar Festival Kisah Pahlawan Nusantara (FKPN) yang berlangsung secara online dari 16 -21 Agustus 2021.

Festival tersebut diikuti oleh seluruh civitas pendidikan SIT Usamah dari semua unit yang berjumlah sekitar 150 orang dan telah dibagi menjadi 20 kelompok.

“Kegiatan ini kami selenggarakan untuk mengasah kreativitas guru/karyawan YRU-SIT Usamah sekaligus output dari lomba ini dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran di kelas,” tutur Diani, Humas YRU-SIT Usamah.

Kisah-kisah pahlawan nasional yang diangkat dalam ajang ini ditampilkan dalam bentuk teatrikal biografi yang divideokan dengan durasi 5-7 menit. Link video yang sudah diupload di Google Drive dan Youtube disetorkan pada panitia untuk kemudian mengikuti proses penilaian.

Diantara nama-nama pahlawan yang diangkat kisahnya yaitu Ki Hajar Dewantara, Jenderal Sudirman, KH. Hasyim Asy’ari, Cut Nyak Dien, Soekarno-Hatta, HR. Rasuna Said, Dewi Sartika, RA. Kartini, Rohana Kudus, Laksamana Malahayati, Pangeran Diponegoro, Christina Marta Tiahahu, Rahmah El Yunusiyah, Sultanah Syafiatudin Syah, Cut Mutia, Kardinah, Fatmawati, Nyai Walidah dan Nyi Ageng Serang,

Adapun kriteria penilaian untuk video teatrikal biografi pahlawan nusantara ini adalah isi, kreatifitas dan daya pukau. Dari hasil penilaian juri diperoleh juara yaitu Juara I kisah Pahlawan Laksamana Malahayati, juara 2 kisah Jendral Sudirman, juara 3 kisah Ki Hajar Dewantara, Harapan 1 kisah Rahmah El Yunusiyah, Harapan 2 kisah RA Kartini dan Harapan 3 kisah Nyai Walidah. Sedang untuk juara favorit diraih oleh kisah KH. Hasyim Asy’ari.

“Dari ajang ini muncul bakat-bakat terpendam dari ustadz/ustadzah yang bisa dieksplorasi lebih jauh dalam bidang seni peran dan teater yang harapannya dapat menunjang pembuatan media-media pembelajaran yang kreatif dan penuh inovasi di masa pandemi,” tambah Diani.

Penyerahan hadiah dilakukan pada Sabtu (28/2/2021) pada agenda Pembinaan rutin Yayasan Ribathul Ukhuwah di aula SIT Usamah yang berada di komplek gedung SIT Usamah Jln. Surabaya RT.RW. 01/14 Kelurahan Panggung, Kec. Tegal Timur.

One thought on “SIT Usamah Gelar Festival Kisah Pahlawan Nusantara”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*