Tingkatkan Kualitas Sekolah Berbasis Al-Qur’an, SMP IT Usamah Adakan Ujian Tahfidz

Senin (30/09) — SMP IT Usamah melaksanakan ujian tahfidz untuk siswa/siswinya. Sebagai sekolah yang berbasis Al Qur’an, Ujian tahfidz merupakan sebuah penilaian yang wajib diikuti oleh siswa disamping ujian akademis. Ujian tahfidz diikuti oleh seluruh siswa/siswi kelas 8 dan 9.

Sedangkan untuk kelas 7 melaksanakan ujian tahsin dikarenakan belum memasuki tahfidz (menghafal). Ujian tahfidz kali ini adalah serangkaian penilaian tengah semester setelah 1 minggu sebelumnya mulai tanggal 13- 18 Sepetember 2021 siswa/siswi mengikuti Penilaian Tengah Semester (PTS) di bidang akademik.

Materi yang diujikan pada ujian tahfidz adalah hasil mereka menghafal Al qur’an selama setengah semester. Adila nur Ramadhani dan Fatimah Muthmainnah mereka adalah siswi kelas 8 Khadijah yang mampu menyelesaikan ujian tahfidznya 1 juz dengan satu kali duduk. Sedangkan siswa/ siswi lainnya menyelesaikan ujian tahfidznya dalam dua hingga tiga kali duduk.

Target dari SMP IT Usamah pada semester ganjil ini adalah kelas 7 mampu memperbaiki bacaan Al qur’annya/ tahsinnya sesuai dengan hukum membaca Al Qur’an, kelas 8 menghafal juz 28 dan kelas 9 melaksanakan ujian akhir tahfidz juz 29.

โ€œUjian tahsin pada kelas 7 mengujikan bacaan Al Qur’an siswa/siswi sesuai dengan makhroj, tajwid dan fashohahnya. Setelah melaksanakan ujian tahsin, siswa/siswi yang sudah baik dalam tahsinnya akan memasuki kelas tahfidz dan mulai menghafal Al qur’an dari juz 30,โ€ jelas Tauchidin, Musrif Pondok Pesantren SMP IT Usamah.

Dari target ujian tahfidz setiap siswa, 90% dari siswa siswi SMP IT Usamah mampu mencapainya walaupun ada dari mereka yang mengujikan hafalannya 2 sampai 3 kali duduk.

“Dari ujian tahfidz saya dilatih untuk melancarkan hafalan Al Qur’an, menguatkan hafalan Al Qur’an serta berusaha semaksimal mungkin untuk mengikuti ujian ini dengan baik agar mendapatkan hasil yang baik pula” kata Fatimah salah satu siswi SMP IT Usamah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*